//
you're reading...
Buku

Mengkaji Ilmu al-Qur’an

Sebagai teks primer, al-Qur’an menjadi fokus utama dalam pembentukan tradisi agama islam. Sebagai teks, al-Qur’an juga mungkin “maha karya tulis” yang paling banyak dikaji dan menjadi objek ekspolrasi ilmiah. Al-Qur’an sebagaimana yang diproklamirkan sebagai data terlengkap mengenai segala hal; “Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab”. (QS 6 al-An’am, 38)

Dan, dalam bagian lain dinyatakan; “Dan kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al-Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu.” (QS 16 an-Nahl, 89)

Sehingga diperlukan “pengerahan segala usaha” dalam proses eksplorasinya untuk mengeluarkan segala kebaikan (berkah), “Dan Al Quran Ini adalah suatu Kitab (peringatan) yang mempunyai berkah yang Telah kami turunkan. Maka mengapakah kamu mengingkarinya?.” (QS 21 al-Anbiya’, 50), Cahaya (nur), “Hai manusia, Sesungguhnya Telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu. (Muhammad dengan mukjizatnya) dan Telah kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Quran). (QS 4 an-Nisa’, 174), Proteksi (syifa’), tanda kasih (rahmat), “Dan kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS 17 al-Isra’, 82), Peringatan (mau’idzah), “Hai manusia, Sesungguhnya Telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS 10 Yunus, 57), Petunjuk (huda), “Kitab (Al Quran) Ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa.” (QS 2 al-Baqarah, 2) dan hukum; “Dan Demikianlah, kami Telah menurunkan Al Quran itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab.” (QS 13 ar-Ra’d, 37)

Dengan urgensi yang luar biasa itu, al-Qur’an menjadi teks otoritas yang tidak boleh sembarangan di-“baca” atau bukan “sembarangan bacaan”. Sebab setiap detail, urut-urutan dan susunannya merupakan kata-kata Allah yang sengaja diturunkan secara utuh redaksi dan kandungannya, yang dijamin steril dari segala distorsi.

Tulisan ini adalah makalah sederhana tentang usaha para ulama dalam melestarikan metodologi pembaca untuk memahami kalam Allah secara “tidak sembarangan”. Selain sebagai buku pegangan ontologis, yang penulis ambilkan dari buku-buku primer dalam kajian ini. Penulis juga berusaha memberikan sedikit pembahasan epistimologi yang diambilkan dari berbagai sumber lain.

Pada akhirnya, diharapkan tulisan ini menjadi manfaat yang luas bagi kalangan akademis dan pemerhati studi al-Qur’an.

Diskusi

One thought on “Mengkaji Ilmu al-Qur’an

  1. dimana bisa dapat buku anda??

    Posted by hasheem | 13 September, 2008, 2:35 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Nomor Anda

  • 77,108 hits

Kategori

%d blogger menyukai ini: