//
you're reading...
News

Halal-Haram Golput

2848851pMajelis Ulama Indonesia (MUI) belum tentu akan mengeluarkan fatwa haram seperti yang diusulkan oleh Ketua MPR Hidayat Nurwahid yang mengusulkan perlunya ada fatwa haram bagi mereka yang akan golput pada Pemilu 2009. Hal ini diungkapkan oleh Ketua MUI Amidhan saat dikonfirmasi Persda Network, Jumat (12/12) malam.

“Sebetulnya, fatwa mengharamkan golput tidak usah dikeluarkan karena kan yang golput tidak bisa dikatakan berdosa. Paling-paling, kita hanya bisa memberikan imbauan kalau masyarakat diwajibkan berpartisipasi untuk memikirkan nasib bangsa pada Pemilu nanti. Jadi, istilahnya imbauan saja, bukan fatwa,” kata Amidhan.

Sebelumnya, Hidayat Nurwahid di DPR mewacanakan perlunya ada fatwa melarang golput bagi umat Islam pada pemilu nanti. “Saya menyarankan agar dibuat fatwa antara MUI, NU, dan Muhammadiyah untuk mengeluarkan fatwa haram bagi golput. Ini perlu dilakukan karena banyak masyarakat yang sekarang apatis terhadap pemilu nanti,” kata Hidayat. (Kompas.com)

Sementara itu …

Usulan fatwa haram golput dari Hidyat Nur Wahid memperoleh dukungan dari lembaga penyelenggara pemilu. Bawaslu mengaku menanggapi positif usulan tersebut.
“Usaha ini merupakan suatu upaya menyukseskan pemilu yang siapa tahu berhasil,” ujar anggota Bawaslu Wirdyaningsih saat dihubungi detikcom, Sabtu (13/12/2008).
Selaku pengawas pemilu, Wirdya mengaku Bawaslu akan mendukung setiap upaya guna menyukseskan pemilu. Wirdya menilai usulan fatwa tersebut merupakan kepedulian dari kaum agamawan yang berharap pemilu berjalan sukses. Hal itu semakin penting mengingat saat ini masyarakat cenderung apatis terhadap pemilu.
Wirdya juga menyadari bahwa selama ini fatwa yang dikeluarkan lembaga seperti MUI kurang efektif. Hal ini karena MUI merupakan lembaga independen yang tidak berwenang mengenakan sanksi bagi mereka yang melanggar fatwanya.
Meski demikian, lanjut Wirdya, upaya semacam itu tetap patut diapresiasi. “Siapa tahu bisa efektif,” ucapnya dengan harap. (detikNews.com)

Belum lagi, kalau Gus Dur ikut berwacana soal ini.

Diskusi

One thought on “Halal-Haram Golput

  1. kalo golput di haramkan, maka akan menciderai asas bebas-nya pemilu.

    Posted by ok | 14 Desember, 2008, 2:50 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Nomor Anda

  • 77,108 hits

Kategori

%d blogger menyukai ini: