//
you're reading...
artikel, News

Kesalahan Fatal POS UN 2008-2009

 

imagesProf. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd, Kons, Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menetapkan Surat Keputusan (SK) tentang Pedoman Operasional Standar (POS) Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) Tahun Pelajaran 2008/2009, nomor: 1512/BSNP/XII/2008, tanggal 12 Desember 2008.

Dalam Pedoman Operasional Standar (POS) yang telah ditetapkan tersebut, penulis menemukan kesalahan fatal yang harus segera diklarifikasi dan dibenarkan. Kesalahan tersebut disebabkan oleh satu angka, tepatnya pada pasal VI poin 1:

VI. KELULUSAN UJIAN NASIONAL

1. Peserta UN dinyatakan lulus jika memenuhi standar kelulusan UN sebagai berikut: memiliki nilai rata-rata minimal 5,50 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, dengan nilai minimal 4,00 untuk paling banyak dua mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran lainnya. (halaman 21, silahkan cek dan download di sini)

Pada ketentuan di atas, jelas bahwa standar nilai kelulusan pada Ujian Nasional telah naik 0,25 dari tahun lalu. 5,25 menjadi 5,50. Nilai tersebut adalah nilai minimal rata-rata untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, dengan tidak ada nilai di bawah 4,00. Jika dua mata pelajaran bernilai 4,00 maka mata pelajaran yang lain harus bernilai minimal 4,25.

Jika kita kalkulasikan dua mata pelajaran yang bernilai 4,00 dan empat mata pelajaran yang lain bernilai 4,25, maka akan ketemu angka 25 dengan rata-rata 4,17, yang tentu saja tidak mencapai standar minimal rata-rata 5,50. Ini jelas suatu kesalahan fatal, yang disebabkan oleh satu angka.

Perkiraan saya, angka 4 pada 4,25 untuk 4 mata pelajaran yang lain, bila terdapat dua mata pelajaran yang bernilai 4,00, adalah salah. Dan seharusnya tertulis angka 6, yaitu 6,25. Sehingga jika dikalkulasi akan menghasilkan angka 33 dengan rata-rata 5,50, sesuai dengan standar minimal rata-rata.

Kesalahan ini tidak hanya pada POS UN tingkat SMA/MA saja namun juga pada POS UN tingkat SMP/MTs. Cek di sini.

Dengan penemuan ini, penulis berharap BSNP segera memperbaiki kesalahan ini, karena menyangkut standar kelulusan. Sebagaimana ditetapkan dalam SK tersebut : “Jika terdapat kekeliruan dalam keputusan ini di kemudian hari akan diadakan perubahan sebagaimana mestinya”.

 

 

 

 

 

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Nomor Anda

  • 77,108 hits

Kategori

%d blogger menyukai ini: