//
you're reading...
artikel

Merayakan Tahun Baru 2009

imagesHari ini Rabu 31 Desember 2008, adalah hari terakhir kita berada di tahun 2008. Tepat pada jam 00.00 esok seluruh dunia menyambut hari baru di tahun baru 2009.

Menurut beberapa data, yang pertama merayakan Tahun Baru adalah orang cina, data lain menyatakan orang Jerman kuno merayakannya di pertengahan bulan Nopember sebagai perayaan pergantian musim, bagi mereka masa itu seakan pergantian tahun. Yang jelas, perayaan itu dilakukan karena tahun baru adalah simbol memulai kehidupan baru dengan harapan baru.

Menurut beberapa kalangan, pergantian tahun tidak perlu dirayakan, bahkan tidak sedikit yang menghukuminya haram secara syara’ dengan berbagai alasannya. (lihat di sini)

Menurutku: merayakan Tahun Baru dapat dilakukan dengan catatan berikut:

Pertama: memposisikan Tahun Baru tidak sebagai “ritual” ibadah apapun, menyambut Tahun Baru hanyalah perayaan biasa. artinya, tidak ada ibadah khusus dalam Islam untuk menyambut dan merayakan Tahun Baru.

Kedua: bahwa merayakan suatu berkah atau nikmat adalah wajar dan boleh saja, bahkan dianjurkan dalam Islam jika berbentuk “tasyakur”, bersyukur kapada Sang Pemberi.

Ketiga: perayaan dalam Islam selalu dilakukan dengan ritual ibadah, seperti bersedekah, istighasah atau berdzikir. Dengan harapan agar prestasi kita di tahun yang baru datang lebih baik dari tahun sebelumnya. Namun ingat, ibadah yang dilakukan itu sama sekali bukan ritual khusus untuk Perayaan Tahun Baru.

Keempat: merayakan Tahun Baru tidak dilakukan dengan pesta, menghamburkan uang, atau bahkan foya-foya. Jika itu dilakukan, maka sebenarnya kita tidak malah akan siap menghadapi tahun berikutnya. Karena mengambil “kesenangan” di awal perjalanan hanya akan mengakibatkan kita lalai akan pentingnya “kesiapan”.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Nomor Anda

  • 77,108 hits

Kategori

%d blogger menyukai ini: