//
you're reading...
artikel, Ilmu Hadits

Hadits yang bukan Hadits

Secara definitif lughawi, kata Hadits memang dapat menunjuk arti yang cukup luas. Hadits adalah informasi yang disampaikan, dari siapapun, tentang apapun, kapanpun, dimanapun dan dengan tujuan apapun. Hadits merupakan data tekstual dan verbal yang sengaja disampaikan atau tersampaikan tanpa sengaja. Dengan pengertian ini, Hadits sinonim dengan kata Khabar, Atsar dan Naba’, yang berarti informasi, data atau berita.

Ini juga menunjukkan bahwa Hadits atau khabar itu secara Dzati dapat dipertanyakan kebenaran dan kebohongan datanya, artinya dalam Hadits memiliki dualisme dzati, Khabar yang benar dan Khabar yang bohong. Namun tetap saja keduanya adalah Khabar atau Hadits.

Jika melihat beberapa refrensi buku karya para Ahli, tetang Ilmu Hadits, kita akan menemukan beberapa indikasi bahwa pembahasan tentang Hadits itu didasarkan pada definisi umum seperti di atas. Indikasi petama terlihat ketika pembahasan gineral pada seluruh data dan informasi yang berkaitan dengan Wujud Nabi, Tradisinya dan Ajarannya. Artinya, walaupun Ilmu Hadits adalah spesifikasi kajian Agama tetang “Hadits Nabawi”, namiun tetap saja Ulama harus mengikut-sertakan “Hadits yang ternyata bukan Hadits”.

Indikasi Kedua, bahwa motivasi generalisasi pembahasan Hadits itu diakibatkan oleh sejarah perjalanan Hadits itu sendiri yang sarat “kajian”. Sebagaimana kode etik Kajian Agama:

“Undzuru an Man ta’khudun Dinakum” (telitilah dari siapa kamu mendapatkan -ajaran- Agamamu).

bersambung lagi …

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Nomor Anda

  • 77,108 hits

Kategori

%d blogger menyukai ini: