//
you're reading...
cerita, News

Besiswa S-2 ku

Hari Sabtu Tanggal 06 Juni 2009 adalah hari yang istimewa bagi saya, karena hari ini telah terbit pengumuman tentang kelulusan Peserta Beasiswa Program S-2 bagi Guru di lingkungan Departemen Agama, dan ternyata saya termasuk pesera yang lolos seleksi tes tulis. Ini artinya; saya mendapatkan beasiswa penuh dari Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Pusat untu Program Pasca Sarjana Jurusan Pendidikan Bahasa Arab yang saya pilih, sesuai dengan matapelajaran yang saya ampu di MA. Raudlatul Ulum Putra Ganjaran Gondanglegi Malang.

Saya mengetahui program beasiswa ini dari Situs Resmi Departemen Agama RI ; www.depag.go.id dengan judul “Pengumuman Penerima Calon Peserta Beasiswa Program S-2”. Di dalamnya terdapat persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftarkan diri dalam program tersebut, dan saat itu saya rasa saya dapat memenuhi semua persyaratan.

Sebenarnya Program ini adalah Program tahun ketiga, program tahun pertama diluncurkan pada tahun 2007 yang lalu, saat itu saya tidak dapat lolos persyaratan administrasi Karenatidak belum memiliki Akta IV mengajar. Tahun kedua 2008 saya sama sekali tidak memperhatikan program ini, karena saya kira persyaratannya masih sama dengan tahun pertama. Dan pada tahun ketiga ini, ternyata persyaratan akta mengejar ditiadakan, walaupun saya tahun ini sudah memiliki Akta mengajar.

Sebagaimana jadwal, setelah saya lolos persyaratan administrasi, saya mengikuti Tes Tulis pada tanggal 13 Mei 2009 di IAIN Sunan Ampel Surabaya. Untuk mengikuti tes itu, saya berangkat sendirian dan tidak mengikuti rombongan yang diadakan teman-teman yang lain, karena saya ingin berangkat pada hari sebelumnya tanggal 12 Mei 2009, dengan maksud pertama, agar pagi harinya saya dapat mengikuti tes dalam keadaan fress, dan kedua, saya dapat berziarah ke Makan Sunan Ampel di Surabaya.

Setelah tes itu, saya mendapatkan pelajaran sangat berharga dari teman sekaligus Guru saya Dr. H. M. Fauzan Zenrif, M.Ag. bahwa saya harus rajin-rajin meminta kepada Allah Swt. Karena jika kita meminta kepada manusia maka ia tidak berkewajiban untuk menjawab “iya”, sementara jika kita meminta kepada Allah Swt maka Allah pasti akan menjawab “iya”.

أدعوني أستجب لكم

Mintalah kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya untuk kalian

Dan akhirnya, hari ini saya mendapatkan jawaban “iya” itu di  Situs yang sama, Alhamdulillah. Ya Allah, jadikanlah aku ini hamba-Mu yang dapat bersyukur atas segala ni’mat yang Engkau berikan.

Akhirnya semoga beasiswa ini barokah dan membawa kemanfa’atan, Amin.

Diskusi

3 thoughts on “Besiswa S-2 ku

  1. Numpang nanya pak..sampeyan lulus di mana? latar belakang akademik sampeyan -maksud saya S1 nya- apa bahasa arab juga? saya pernah lulus tes S2 di UIN Malang melalui program serupa tahun 2007, namun krn ijazah S1 saya PAI dan bukan bahasa Arab, saya malah ditolak masuk..padahal saya sudah dinyatakan lulus seleksi. Yah skedar sharing saja.. tahun ini saya ngambil lagi di UIN Sunan Kalijaga jurusan PAI Qur’an Hadits, alhamdulillah lulus lagi… senang bisa ngobrol dengan sampeyan. Kalo sampeyan punya account facebook, bisa nanti meng’add’ saya.. makasih!

    Posted by zainal muttaqien | 29 Juni, 2009, 11:57 am
  2. tahun 2007 saya malah mengalami yang lebih buruk dari sampean. ceritanya saya lulusan s-1 dari Pondok Bangil jurusan syari’ah, nah pada waktu itu ada persyaratan bahwa jurusan yang diambil harus sama dengan s-1 nya, jadi kalau ngambil s-2 pendidikan bahasa arab, maka harus s-1 pendidikan bahasa arab. dari peraturan ini saya ditolak mentah-mentah oleh depag untuk mendaftarkan diri, karena s-1 saya bukan pendidikan.
    nah kayaknya, tahun 2009 ini tidak ada lagi peraturan kayak gitu. jadi sip lah.
    dan juga selamat buat sampean. selamat belajar OK

    Posted by abdurrahmanbinsaid | 30 Juni, 2009, 1:36 am
  3. selamat ya pak semoga lancar samapi memperoleh gelar, mendapat ilmu yang luas, dan kemanfaatannya selalu ditunggu masyarakat… pasti janji Allah terwujud. Allah akan menggkat derajat orang yang menuntut ilmu beberapa derajat

    Posted by amatul jadidah | 15 Maret, 2010, 1:07 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Nomor Anda

  • 77,108 hits

Kategori

%d blogger menyukai ini: